Analisis Jurnal 1
Analisis Jurnal
A. Identitas Jurnal
- Nama Jurnal : Jurnal Pendidikan Matematika
- Volume: 13
- Nomor: 1
- Halaman: 8
- TahunTerbit : Januari, 2019
- Judul Jurnal :”Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar”
- NamaPenulis : Dewi Malihatuddaroja dan Rully Charitas Indra Prahman
B. Isi Jurnal
1. Latar Belakang
Aljabar merupakan komponen yang sangat penting dalam matematika. Jika siswa tidak mampu menyelesaikan masalah mengenai aljabar, kemungkinan mereka juga akan kesulitan dalam memecahkan masalah matematika yang lainnya, Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk dapat mempelajari aljabar dengan baik. Kesulitan siswa dalam mempelajari aljabar terletak pada konsep dasar dan keterkaitannya dengan konsep materi matematika yang lain, sebagai materi prasyarat pada pembelajaran aljabar. Berdasarkan hasil wawancara yang peneliti lakukan dengan beberapa guru matematika kelas VII diperoleh informasi bahwa aljabar merupakan salah satu materi yang paling sulit untuk diajarkan kepada siswa, Misalnya pada operasi penjumlahan, siswa menjumlahkan dua konstanta dengan variabel yang berbeda dan mereka mengalami kesulitan dalam mengoperasikan bentuk aljabar dengan berbagai bentuk variabel yang ada.
2. Masalah :
Miskonsepsi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kalasan dalammenyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi bentuk aljabar.
3. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa kelas VII dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi bentuk aljabar.
4. Lokasi Penelitian : SMP Muhammadiyah 1 Kalasan
5. Metode Penelitian : Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, Prosedur penelitian ini terdiri dari 3 tahapan utama yaitu persiapan, implementasi, dan analisis data. Pada tahap persiapan, peneliti mengumpulkan permasalahan tentang operasi bentuk aljabar yang dikumpulkan dari soal ujian nasional. Terdapat 10 permasalahan yang harus diselesaikan oleh siswa. Selanjutnya, peneliti menganalisis jawaban siswa untuk mengetahui dan mendeskripsikan miskonsepsi yang dialami siswa. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII yang terdiri atas 19 perempuan dan 19 laki-laki.
6. Kata Kunci : Kesalahan Siswa, Aljabar, Deskriptif Kualitatif
7. Hasil dan Pembahasan :
Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menemukan 5 kesalahan yang dilakukans siswaketika menyelesaikan permasalahan tentang operasi bentuk aljabar. yaitu sebagai berikut:
1) Kesalahan pada variabel
2) Kesalahanpada operasi hitung yang melibatkan bilangan negatif.
3)Kesalahan siswa pada persamaan bentuk aljabar
4)Kesalahan siswa mengenai operasi
5) Kesalahan siswa pada bentuk pecahan
Untuk lebih lengkapnya download file pdfnya pada link dibawah ini.👇http://rainonit.com/3WSq
Komentar
Posting Komentar