Penelitian Evaluatif


 Penelitian Evaluatif Berasal dari kata Evaluasi. Menurut beberapa sumber Evaluasi beearti sebagai berikut:

1) Menurut Depdiknas (2002:3)

Evaluasi merupakan suatu proses sistematis dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterprestasikan informasi yang diperoleh melalui pengukuran untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan efisiensi suatu program pendidikan. Evaluasi dilaksanakan untuk menguji obyek atau kegiatan dengan kriteria tertentu untuk keperluan pembuatan keputusan.

2) Menurut Borg and Gall (2003)

Evaluasi merupakan proses membuat penilaian tentang manfaat, nilai, atau keseimbangan program pendidikan.

3) Mc Millan dan Schumacher (2010)

Evaluasi adalah salah satu penelitian yang digunakan untuk menentukan keberhasilan atau tidaknya atau apakah ada manfaat/nilai dari suatu program atau kebijakan dalam pendidikan.

Sedangkan penelitian Evaluatif menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

1) Menurut Nana Syaodih ( 2007: 120)

Penelitian evaluatif adalah suatu desain atau prosedur evaluasi dalam mengumpulkan dan menganalisis data secara sistematik untuk menentukan nilai/manfaat dari suatu praktik (pendidikan).

2) Menurut Sukmadinata (2009)

Penelitian evaluatif dalam konteks pembelajaran merupakan suatu desain atau prosedur dalam mengumpulkan dan menganalisis data secara sistematik untuk menentukan manfaat dari suatu praktik pendidikan.

3) Danim (2000)

penelitian evaluatif dimaksudkan untuk mengukur keberhasilan suatu program, produk atau kegiatan pembelajaran.

Jadi yang dimaksud dengan “penelitian evaluatif adalah kegiatan penelitian yang sifatnya mengevaluasi suatu kegiatan/program yang bertujuan untuk mengukur keberhasilan suatu kegiatan/program dan menentukan keberhasilan/kebermanfaatan suatu program dan apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan”. 

     Penelitian evaluatif pada dasarnya merupakan bagian dari penelitian terapan. Arti evaluatif mengarah pada sifat dari suatu kegiatan. Dalam hal ini, bagian yang penting dalam suatu evaluasi adalah adanya suatu tujuan atau keadaan yang diharapkan, dan kemudian tujuan tersebut dinilai dengan melakukan evaluasi. Penilaian dalam evaluasi ini tidak saja menyangkut perubahan yang direncanakan, akan tetapi juga perubahan-perubahan yang tidak direncanakan. Oleh karena itu evaluasi akan dapat dilaksanakan dengan baik apabila dalam program dicantumkan tujuan yang jelas, sehingga mampu mendefinisikan hasil yang diharapkan untuk dicapai melalui kerangka konseptual metodologi pada penelitian evaluasi.

Adapun ( Tujuan Penelitian Evaluatif, Ruang Lingkup Penelitian Evaluatif dan Langkah-langkah Penelitian Evaluatif ) dibahas lengkap dalam makalahnya bisa di douwnload pada link dibawah ini (File makalah Format PDF)

Makalah Penelitian Evaluatif


Komentar

Postingan Populer